Kamis, 09 Desember 2010

Penyebab kerusakan DVD-ROOM pada Laptop

Hardware dan Software yang terdapat pada laptop sangatlah bermacam-macam, oleh karena itu kita sebagai pemilik laptop hendaklah merawat dan berhati-hati dalam penggunaan Fitur-fitur pada Laptop, terutama pada DVD-ROOM yang sering kali terjadi kerusakan, meski kerusakan yang dapat diperbaiki, ataupun yang tidak mungkin lagi untuk diperbaiki, kerusakan itu sendiri sering kali terjadi pada optinya.

Adapun Gejala-gejala yang ditimbulkan oleh DVD-ROOM jika terjadi kerusakan diantaranya sebagai berikut :

  • Tidak terdeteksi pada Operating System (jika CD or DVD kita masukan tapi tidak tampil atau atau biasa kita sebut “ OS tidak baca”).
  • Tidak bisa Open / membuka (tidak bias mengeluarkan CD or DVD yang kita masukan tadi).
  • Tidak bisa membaca/menulis/hanya bisa membaca saja. (CD)


Adapun cara memperbaikinya dimungkinkan sebagai berikut :

  • Sebelumnya Bongkar dulu Laptop anda dan lepas 'mur' pengait kemudian periksa penancapan tegangan yang masuk ke DVD-ROOM, perikas di setup bios apakah sudah dideteksi? sebaiknya diset auto. Periksa apakah led menyala, jika tidak kerusakan di Controllernya.
  • Kerusakan ada pada mekanik motor atau karet motor.
  • Kerusakan Biasanya pada optik, tetapi ada kemungkinan masih bisa diperbaiki dengan cara men-set ualng optik tersebut, namun terkadang masalah optik DVD sangatlah jarang untuk diperbaiki.
  • Head Kotor, bisa dibersihkan menggunakan CottonBut


Terkadang kita sering lupa menaruh keping CD/DVD yang telah digunakan itu tidaklah menyebabkan DVD-ROOM menjadi rusak namun hal tersebut sangatlah merugikan karena dapat menyedot energi yang disediakan oleh batterai, sehingga dapat mengurangi awetnya batterai, selain itu jika settingan bios masih dalam kondisi 'first-boot'nya DVD-ROOM, maka akses untuk bootingnya akan semakin lama karena akan mengindentifikasi keping CD/DVD tersebut bootable atau tidak...

mari berbagi………….. :)

0 komentar:

Posting Komentar